DOWNLOAD Arti Pembelajaran Remedial dan Pengayaan pada Kurikulum 2013

DOWNLOAD Arti Pembelajaran Remedial dan Pengayaan pada Kurikulum 2013 - Selamat Datang sahabat Gudang Chord, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul DOWNLOAD Arti Pembelajaran Remedial dan Pengayaan pada Kurikulum 2013, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. Mudah-mudahan isi postingan Artikel PEMBELAJARAN K13, Artikel PENDIDIKAN, yang kami tulis ini ada manfaatnya. Baiklah, selamat membaca.

Judul : DOWNLOAD Arti Pembelajaran Remedial dan Pengayaan pada Kurikulum 2013
Link : DOWNLOAD Arti Pembelajaran Remedial dan Pengayaan pada Kurikulum 2013



Selamat berjumpa kembali di dalam blog informasipendidikanupdate.blogspot.com yang kali ini akan membahas sesuai dengan topik pada judul artikel di atas.

Pada kegiatan pembelajaran tentunya untuk bisa mengetahui tingkat penguasaan peserta didik dalam memahami materi yang di berikan maka seorang guru perlu memberikan suatu evaluasi yang tujuannya adalah untuk mengukur tingkat penguasaan peserta didik dalam menyerap ilmu pengetahuan yang sudah di pelajarinya.


Dalam pelaksanaan evaluasi tidak semua siswa akan memiliki nilai yang baik ( memiliki nilai di atas nilai KKM ) sebab tingkat penguasaan konsep tiap-tiap peserta didik pastinya berbeda-beda tergantung dari kemauan peserta didik tersebut untuk semangat dalam belajar.

Bagi peserta didik yang menbisakan nilai yang baik atau bisa diartikan sebagai nilai yang memenuhi batas KKM tidak akan menbisakan kendala sebab bisa dinyatakan sudah tuntas dalam mengikuti mata pelajaran yang sudah di ujikan namun bagaimana dengan nasib peserta didik yang belum tuntas atau belum menbisakan nilai yang memenuhi Batasan KKM yang sudah di tetapkan.

Peserta didik yang menbisakan nilai di bawah KKM pada saat mengikuti kegiatan evaluasi ataupun ujian maka peserta didik tersebut di nyatakan belum lulus atau belum tuntas dalam penguasaan materi yang sudah diajarkan pada saat itu.

Bagi siswa atau peserta didik yang memiliki nilai di bawah nilai KKM dan dinyatakan belum tuntas maka pesera didik tersebut harus mengikuti kegiatan Pembelajaran yang di sebut dengan kegiatan pembelajaran remedial. Sedangkan bagi peserta didik yang sudah dinyatakn lulus atau sudah tuntas maka peserta didik tersebut berhak untuk mengikuti kegiatan Pengayaan.

Mungkin di antara kalian yang saat ini membaca artikel ini pernah mendengar mengenai kata Remedial maupun Pengayaan, namun sebenarnya kalian masih belum memahami apa yang di maksud dengan remedial dan pengayaan terebut.

Pada artikel ini Kami akan memberikan penjelasan mengenai arti dari Remedial dan Pengayaan yang sering kita dengar di sekolah, sebab hal ini umumnya di lakukan pada kegiatan-kegiatan pada satuan Pendidikan (Sekolah) baik swasta maupun negeri.

Remedial merupakan suatu program pembelajaran yang diperuntukkan bagi peserta didik yang belum mencapai nilai KKM yang sudah ditetapkan oleh satuan Pendidikan dalam tiap satu Kompetensi Dasar tertentu.

Pembelajaran Remedial diberikan kepada peserta didik sesudah peserta didik tersebut diketahui belum mencapai nilai KKM yang sudah ditetapkan.
Pembelajaran Remedial di berikan dan dilakukan untuk memenuhi kebutuhan/hak peserta didik.

Dalam pembelajaran Remedial, Guru membantu peserta didik untuk memahami kesulitan belajar yang dihadapi oleh peserta didiknya sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai.

Pembelajaran remedial bisa dilakukan secara individu, berkelompok, ataupun dengan menggunakan sIstem Pembelajaran tutor sebaya tergantung pada tingkat persentase jumlah peserta didik yang belum tuntas maupun tingkat kesulitan belajar peserta didik.

Pengayaan merupakan program pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik yang sudah dinyatakan tuntas atau sudah melampaui nilai ambang batas KKM. Inti dari pemberian pembelajaran pengayaan adalah untuk memberikan penguatan materi, pendalaman dan perluasan dari kompetensi yang sudah dipelajari.

Pengayaan diberikan kepada setiap peserta didik sesudah peserta didik tersebut diketahui sudah mencapai nilai ambang batas KKM. Pembelajaran pengayaan biasanya hanya diberikan sekali, tidak berulang kali sebagaimana pembelajaran remedial.

Pada pembelajaran pengayaan umumnya tidak diakhiri dengan pemberian penilaian, sebab peserta didik sudah dianggap memiliki nilai yang baik.
Bentuk pelaksanaan pembelajaran pengayaan bisa dilakukan dengan model pembelajaran secara individu maupun berkelompok.

Demikianlah penjelasan yang bisa Kami sajikan pada postingan artikel kali ini mengenai arti dari pembelajaran Remedial dan Pembelajaran Pengayaan.
Semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian dalam dunia Pendidikan.

Akhir kata jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya di dalam blog informasipendidikanupdate.blogspot.com sebab di dalam blog tersebut kalian bisa menemukan banyak manfaat dari postingan seputar dunia Pendidikan.

Sumber : www.kherysuryawan.id

Baca juga :


DOWNLOAD Arti Pembelajaran Remedial dan Pengayaan pada Kurikulum 2013


Demikianlah Artikel DOWNLOAD Arti Pembelajaran Remedial dan Pengayaan pada Kurikulum 2013

Sekianlah artikel DOWNLOAD Arti Pembelajaran Remedial dan Pengayaan pada Kurikulum 2013 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel DOWNLOAD Arti Pembelajaran Remedial dan Pengayaan pada Kurikulum 2013
https://gudangchordlagulengkap.blogspot.com/2020/05/download-arti-pembelajaran-remedial-dan.html
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "DOWNLOAD Arti Pembelajaran Remedial dan Pengayaan pada Kurikulum 2013"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel