DOWNLOAD ARTI ABCD PADA TUJUAN PEMBELAJARAN DI DALAM RPP
DOWNLOAD ARTI ABCD PADA TUJUAN PEMBELAJARAN DI DALAM RPP - Selamat Datang sahabat Gudang Chord, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul DOWNLOAD ARTI ABCD PADA TUJUAN PEMBELAJARAN DI DALAM RPP, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. Mudah-mudahan isi postingan Artikel PEMBELAJARAN K13, Artikel PENDIDIKAN, yang kami tulis ini ada manfaatnya. Baiklah, selamat membaca.
Judul : DOWNLOAD ARTI ABCD PADA TUJUAN PEMBELAJARAN DI DALAM RPPLink : DOWNLOAD ARTI ABCD PADA TUJUAN PEMBELAJARAN DI DALAM RPP Pernahkah kalian membuat dan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran???
Jika kalian pernah membuat RPP maka tentunya kalian pernah mendengar istilah kata ABCD dalam membuat RPP. Istilah ABCD termuat dalam salah satu item pada suatu perangkat pembelajaran tepatnya berada pada item Tujuan Pembelajaran yang ada di dalam sebuah RPP.
Istilah ABCD merupakan suatu singkatan yang sering di ucapkan oleh seorang guru dalam membuat perangkat pembelajaran RPP untuk memudahkan dalam penyebutannya.
Kata ABCD bisa di jelaskan sebagai berikut :
A = Merupakan singkatan dari Audience
B = Merupakan singkatan dari Behaviour
C = Merupakan singkatan dari Condition
D = Merupakan singkatan dari Degree
Pada artikel kali ini Kami akan menjelaskan mengenai arti dari kata ABCD tersebut serta cara penerapannya di dalam membuat suatu perangkat pembelajaran RPP, namun sebelum mengetahui apa itu arti atau makna ABCD pada suatu perangkat pembelajaran maka kalian harus terlebih dahulu mengetahui pada bagian manakah kata ABCD tersebut harus termuat pada suatu perangkat pembelajaran.
Audience, Behaviour, Condition, dan Degree harus ada dalam item tujuan pembelajaran pada suatu perangkat pembelajaran, sehingga tujuan pembelajaran yang di harapkan dalam RPP tersebut sudah jelas dan sesuai dengan indicator pencapaian kompetensi yang di harapkan.
Tujuan pembelajaran merupakan suatu perilaku dari hasil belajar yang diharapkan terjadi, dimiliki, atau dikuasai oleh peserta didik sesudah peserta didik tersebut mengikuti kegiatan proses belajar mengajar. Dengan kata lain, Tujuan pembelajaran merupakan arah yang hendak dituju atau di capai dari suatu rangkaian aktivitas pembelajaran.
Tujuan pembelajaran dirumuskan dalam bentuk perilaku kompetensi yang spesifik, aktual, dan terukur. Tujuan pembelajaran mengacu pada kompetensi dasar dan indicator pencapaian kompetensi yang harus dicapai dalam pembelajaran. Di samping itu, tujuan pembelajaran dijadikan acuan dalam pemilihan jenis materi, strategi, metode, dan media pembelajaran yang akan digunakan dalam proses pembelajaran.
Terbentuknya tujuan pembelajaran mengacu pada indicator pencapaian kompetensi ( IPK ) sehingga IPK yang di rumuskan harus jelas dan harus sesuai dengan kompetensi dasar yang ada di dalam perangkat pembelajaran RPP tersebut.
Pada kurikulum 2013, dalam membuat perangkat pembelajaran khususnya didalam menentukan tujuan pembelajaran maka ke empat komponen ABCD atau Audience, Behaviour, Condition, dan Degree harus ada dalam item tujuan pembelajaran tersebut.
sesudah kalian memahami tentang tujuan pembelajaran, maka kini saatnya Kami akan menjelaskan tentang arti ABCD serta cara menerapkannya di dalam membuat suatu perangkat pembelajaran khususnya perangkat pembelajaran RPP.
1. Audience ( A )
Kata Audience bisa di artikan sebagai pendengar atau peserta. Dalam hal ini yang dimaksud dengan audience dalam kegiatan pembelajaran di sekolah yaitu Peserta didik. Audience merupakan subjek sekaligus objek dalam pembelajaran. Maka, dalam tujuan pembelajaran harus menempatkan peserta didik sebagai subjek sekaligus objek dalam kegiatan pembelajaran.
Salah satu contoh penggunaan item Audience pada tujuan pembelajaran adalah sebagai berikut :
- Di berikan beberapa contoh gambar segitiga, peserta didik bisa menjelaskan jenis-jenis segitiga.
Kata "Peserta didik" merupakan Audience
2. Behaviour ( B )
Kata Behavior bisa diartikan sebagai suatu tingkah laku yang diharapkan bisa dilakukan oleh peserta didik sesudah selesai mengikuti proses pembelajaran atau dengan kata lain suatu aktivitas yang di harapkan terjadi dari suatu proses .
Dalam konteks pembelajaran, Behavior nampak pada aktivitas peserta didik dalam pembelajaran. Oleh sebab itu, pembelajaran tanpa adanya tingkah laku atau aktivitas dari peserta didik maka tidak mungkin bisa dilakukan.
Dalam perumusan tujuan pembelajaran gambaran behavior dalam aktivitas peserta didik ditulis menggunakan kata kerja operasional seperti: menyimak, menyebutkan, membedakan, menjelaskan, dan masih banyak lagi. Penggunaan kata kerja operasional dalam suatu tujuan pembelajaran tidak boleh lebih dari satu. Artinya dalam sebuah aktivitas pembelajaran, peserta didik tidak boleh melakukan lebih dari satu perbuatan. Maka, peerta didik harus fokus pada satu perbuatan agar pembelajaran lebih optimal.
Salah satu contoh penggunaan item Behaviour pada tujuan pembelajaran khususnya pada pelajaran matematika adalah sebagai berikut :
- Peserta didik bisa mencontohkan himpunan dan bukan himpunan.
Kata “ mencontohkan himpunan dan bukan himpunan” merupakan salah satu bentuk tingkah laku peserta didik yang di harapkan dalam pembelajaran tentang materi “Himpunan”
3. Condition
Kata Condition bisa di artikan sebagai kondisi atau suatu keadaan. Dalam kegiatan pembelajaran, Condition yang dimaksud adalah keadaan speserta didik sebelum dan sesudah melakukan aktivitas pembelajaran, serta persyaratan yang perlu dipenuhi agar perilaku yang diharapkan bisa tercapai.
Dalam perumusan tujuan pembelajaran, condition ditulis dalam bentuk kata kerja. Kata kerja yang dimaksud adalah aktivitas yang harus dilakukan oleh peserta didik agar tercapai suatu perubahan perilaku yang sesuai dengan yang diharapkan.
Salah satu contoh penggunaan item Condition pada tujuan pembelajaran khususnya pada pelajaran matematika adalah sebagai berikut :
- Diberikan beberapa pernyataan, peserta didik mampu menentukan nilai kebenaran dari pernyataan tersebut secara tepat.
Kata “ Diberikan beberapa pernyataan” merupakan salah satu bentuk yang menunjukkan kondisi atau keadaan.
4. Degree
Kata Degree bisa diartikan sebagai suatu pencapaian atau dengan kata lain bisa di artikan sebagai suatu target yang harus di capai oleh peserta didik yang di tunjukkan dalam perilaku hasil belajar.
Tingkat keberhasilan ditunjukkan dengan batas minimal dari penampilan suatu perilaku yang dianggap bisa diterima. Di bawah batas itu, siswa dianggap belum mencapai tujuan pembelajaran khusus yang sudah ditetapkan.
Degree juga merupakan tingkat penampilan yang bisa dilakukan oleh peserta didik sesudah melalui suatu rangkaian proses pembelajaran. Tingkat degree bergantung pada bobot materi yang akan disajikan, serta sejauh mana peserta didik harus menguasai suatu materi atau menunjukan suatu tingkah laku.
Salah satu contoh penggunaan item Degree pada tujuan pembelajaran khususnya pada pelajaran matematika adalah sebagai berikut :
- sesudah melakukan percobaan membuka jarring-jaring kubus, peserta didik bisa menentukan rumus luas permukaan kubus dengan tepat.
Kata “ dengan tepat” merupakan salah satu bentuk yang menunjukkan Degree atau hasil pencapaian yang diharapkan.
Dengan penjelasan di atas kiranya bisa membantu bagi bapak dan ibu guru dalam memahami arti dari ABCD dalam kaitannya dengan tujuan pembelajaran pada pembuatan perangkat pembelajaran RPP sehingga perangkat RPP yang nantinya di buat bisa menerapkan Audience, Behaviour, Condition, dan Degre pada tiap-tiap tujuan pembelajaran.
Demikianlah penjelasan mengenai arti ABCD ( Audience, Behaviour, Condition, dan Degre ) pada tujuan pembelajaran di dalam menyusun perangkat RPP, semoga kalian yang membaca artikel ini bisa memperoleh pemahaman tentang pentingnya item-item yang harus termuat dalam tujuan pembelajaran di dalam menyusun perangkat RPP.
Sumber : www.kherysuryawan.id
Demikianlah Artikel DOWNLOAD ARTI ABCD PADA TUJUAN PEMBELAJARAN DI DALAM RPP
Sekianlah artikel DOWNLOAD ARTI ABCD PADA TUJUAN PEMBELAJARAN DI DALAM RPP kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel DOWNLOAD ARTI ABCD PADA TUJUAN PEMBELAJARAN DI DALAM RPP
https://gudangchordlagulengkap.blogspot.com/2020/03/download-arti-abcd-pada-tujuan.html
0 Response to "DOWNLOAD ARTI ABCD PADA TUJUAN PEMBELAJARAN DI DALAM RPP"
Post a Comment